Khasiat Daun Pepaya Untuk Penyakit Batu Ginjal

Daun Pepaya

t

     Khasiat Daun Pepaya Untuk Penyakit Batu Ginjal. Daun pepaya adalah salah satu sayuran yang di olah pada saat masih mudah, karena merupakan makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Di samping dapat di jadikan makanan, daun pepaya juga dapat di gunakan sebagai obat diantaranya: influensa, maag, dyphteria (radang tenggorokan).

Kandungan Gizi Pada Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya: vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Daun Pepaya

d pepaya
Daun pepaya tentu sudah bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Daun pepaya dikenal dengan rasanya yang pahit dan tidak enak. Namun, siapa yang mengira bahwa manfaat daun pepaya untuk kesehatan sangatlah banyak.  Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daun pepaya yang dapat Anda peroleh:

  • Menambah Nafsu Makan
    Ternyata tidak hanya temulawak saja yang dapat membantu menambah nafsu makan karena ternyata daun pepaya juga dapat meningkatkan selera makan. Untuk mengatasi masalah nafsu makan, Anda dapat mencampur daun pepaya segar dengan garam dan air hangat. Setelah itu, tumbuk daun pepaya hingga halus dan saring airnya. Minum air saringan tersebut.
  • Mengobati Nyeri Haid Pada Wanita
    Bagi para wanita yang sedang dalam siklus menstruasi dan sering mengalami rasa nyeri saat haid, Anda dapat mencoba ramuan tradisional yang terbuat dari daun pepaya. Caranya, campurkan satu lembar daun pepaya yang masih mentah , garam, dan asam jawa. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya setengahnya. Setelah itu saring dan minum air ramuan tersebut selama masa haid.
  • Melancarkan Pencernaan
    Bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus. Anda dapat membuatnya sebagai pecel atau mengolah daun pepaya tersebut menjadi tumis untuk mendapatkan manfaat daun pepaya untuk mengatasi masalah pecernaan.
  • Menghilangkan Jerawat
    Bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan jerawat, daun pepaya ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah secara alami. Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya juga sangat mudah yaitu ambil dua lembar daun pepaya yang sudah tua. Jemur selama beberapa jam di bawah sinar matahri dan tumbuk daun tersebut. Saat ditumbuk, Anda dapat mencampurkan sedikit air hangat agar lebih mudah hancur. Setelah itu, oleskan ramuan daun pepaya tersebut di bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit kemudian cuci muka dengan air bersih, pasti jerawat di wajah akan berangsur hilang.
  • Mencegah Kanker
    Salah satu manfaat daun pepaya adalah mampu mencegah penyakit kanker, penyakit yang sampai saat ini paling sulit disembuhkan. Percaya atau tidak, mengkonsumsi daun pepaya yang sudah dimasak ternyata dapat melawan penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena daun pepaya memiliki getah putih yang merupakan zat anti kanker. Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin terkena kanker, ini saatnya untuk mulai rajin mengkonsumsi daun pepaya.
  • Mengontrol Tekanan Darah
    Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi daun pepaya sangat dianjurkan untuk Anda karena daun pepaya berkhasiat untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya ini, caranya adalah rebus lima lembar daun pepaya dalam setengah liter air. Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan tambahkan sedikit gula merah atau madu murni. Minum ramuan tersebut saat masih hangat.
  • Menyembuhkan Demam Berdarah
    Kandungan yang terdapat di dalam daun pepaya dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah. Untuk pengobatan demam berdarah, caranya cukup campurkan lima lembar daun pepaya dan temulawak, meniran dan gula merah secukupnya. Rebus bahan-bahan tersebut dan minum air dari ramuan tersebut.
  • Melancarkan ASI
    Bagi para ibu yang sedang menyusui, tidak hanya daun katuk saja yang dapat meningkatkan produksi asi karena daun pepaya ternyata juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI secara alami. Caranya, siapkan empat lembar daun pepaya yang masih muda. Letakkan di atas api hingga daun layu. Setelah itu, tempelkan daun pepaya saat masih hangat di atas kedua payudara ibu dan bukan di bagian puting.
  • Memperkuat Tulang dan Gigi
    Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengkonsumsi masakan daun pepaya juga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan alami di dalam daun pepaya dapat membuat gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

Adapun bebrapa manfaat daun pepaya untuk obat tradisional

 1. Obat Batu Ginjal

Sediakan beberapa lembar daun pepaya segar dari pohon, bilas dengan air kemudian rebus selama 10 menit. Air rebusan daun pepaya diminum sampai habis, selang 30 menit minumlah air kelapa muda. (Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak diperkenankan mencoba pengobatan ini).

2. Obat Sakit Perut Saat Haid

Persiapkan bahan berupa selembar daun pepaya, tumbuk bersama dengan buah asam dan garam. Tambahkan air matang, campuran tersebut diperas dan disaring, diakhiri dengan meminum airnya pada saat haid.

3. Disentri

Rebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dalam panci berisikan 1 liter air dan 1 sendok teh bubuk kopi hitam, jika sudah mendidih saring dan minum airnya satu gelas perharinya.

4. Obat Diare

Persiapkan bahan berupa minyak kelapa dan daun pepaya secukupnya. Daun pepaya dilayukan dan rebus bersama minyak kelapa, tempelkan racikan bahan tersebut pada perut sampai diare sembuh.

5. Obat Cacing Perut

Siapkan bahan berupa 1 lembar daun pepaya, cuci bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tanaman adas pulowaras sampai mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum setelah dingin setiap malam menjelang tidur.

6. Obat Keputihan

Gunakan 1 lembar daun pepaya yang bersih, kemudian rebus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Air rebusan daun pepaya dan akar alang-alang tersebut Anda saring dan minum airnya sampai habis setiap satu hari sekali.

7. Obat Jerawat

Langkah awal bersihkan wajah menggunakan air hangat. Kemudian haluskan daun pepaya dan tumbuk atau diblender, campurkan dengan air. Air hasil campuran daun pepaya (sari) tersebut dicampur dengan masker dan gunakan untuk membalur wajah. Setelah 15 menit mengering, bersihkan dengan air hangat lagi, terakhir usap wajah menggunakan air dingin.

8. Obat Flek Hitam

Jika bekas jerawat ataupun noda hitam yang menempel di wajah tidak terlalu banyak, gunakan metode ini. Caranya haluskan daun pepaya dengan cara dibubuhkan atau ditumbuk atau diblender dan tambahkan air. Air sari daun pepaya dicampurkan dalam masker dan aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu 15 menit sampai masker kering dan bersihkan menggunakan air hangat sampai masker terangkat.

Khasiat daun Pepaya

  • Menyembuhkan demam berdarah
  • Malaria
  • Antikanker
  • Mengandung nutrisi penting
  • Menghambat mikroorganisme penyebab tifus
  • Melawan virus
  • Membantu membakar lemak
  • Nyeri Haid
  • Kesehatan kulit
  • Menyehatkan rambut

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *